Oktober 03, 2015

APA FUNGSI TUGAS DAN WEWENANG SEORANG STAFF HRD DAN SEORANG PER SONALIA ?

Just copy and paste from Yahoo Web 'coz for few days just heard about bad and negative news... wakakakaka HRD bertanggungjawab atas pengelolaan SDM dalam sebuah perusahaan, pengelolaan SDM itu secara sederhana dimulai dari pintu gerbang sampai dengan pulang ke rumah (hi..) maksudnya adalah pengelolaan dimulai dari reckrutmen, trainning, benefit, penilaian kinerja, perencanaan jenjang karir seluruh karyawan, PR dan pemutusan hubungan kerja. 1. rekrutment: bertanggungjawab dalam memilih dan/atau menjawab kebutuhan pegawai melalui penerimaan kerja sampai dengan penempatan kerja para karyawan baru. 2. training: bertangggungjawab dalam menjaga kualitas SDM yang ada di perusahaan dengan cara pelatihan, pendidikan dan pengembangan sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan dan keterampilan kerja. 3. benefit: keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan sedikit banyak dapat diberikan oleh karyawan. 4. penilaian kerja:pengawasan terhadap efektifitas kerja seseorang, dilihat dari grafik standard kinerja dengan kinerja yang ditunjukan oleh karyawan. 5. perencanaan karir: bahwa setiap karyawan memiliki potensi-potensi, fungsi ini guna menjawab setiap karyawan memiliki jalur karir menurut tugas, tanggung jawab dan kopentensi yang ia miliki. 6. PR: menghubungkan antara pekerja dengan perusahaan, mulai dari peraturan perusahaan , informasi dan kebijaksanaan yang ada. 7.pemutusan hub kerja. (tau dong..) nah sekarang giliran personalia ni, simpel tapi meaning banget, klu ga ada ini perusahaan bisa kalang-kabut.. fungsinya mendukung terlaksananya fungsi HR yang lain, seperti data para karyawan, pembayaran upah, pemberian bonus, pinjaman karyawan, catat cuti tahunan, dll.. (tuhkan penting jg kan ni personalia..) Ada empat objective dari keberadaan HRD di sebuah perusahaan yaitu : 1. Organizational Objective ; dimana keberadaan HRD disebuah perusahaan tujuannya adalah untuk mendukung mewujudkan tujuan dari perusahaan itu sendiri, atau dengan kata lain membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan. 2. Personal Objective : dimana keberadaan HRD di sebuah perusahaan tujuannya adalah untuk membantu mewujudkan tujuan personal dari semua karyawan yang ada di perusahaan, seperti misalnya ikut membantu mewujudkan harapan karyawan agar dapat bekerja dengan nyaman dan tenang, memiliki semangat dan motivasi untuk bekerja, dsb. 3. Functional Objective : dimana keberadaan HRD disebuah perusahaan tidak lepas dari tugas dan fungsi HRD itu sendiri dalam membuat system HR yang baik, system penilaian yang baik, system training & development yang baik, system compensasi dan benefit yang baik, system pelayanan yang baik, SOP yang baik, system pendokumentasian yang baik, dsbnya. 4. Societal Objective : keberadaan HRD di dalam perusahaan juga harus mampu membantu mewujudkan harapan dari pihak-pihak di luar perusahaan, dalam hal ini masyarakat di sekitar perusahaan, untuk point ke-4 ini diwujudkan dengan banyak diterapkannya program CSR (Corporate Social Responsibilities). Pada sebagain perusahaan memberi pengertian yang sama antara HRD & Personalia, Sebagian perusahaan ada yang membedakannya. Untuk yang mebaginya, biasanya adanya pemisahan tugasnya antara lain : PERSONALIA biasanya hanya ditujukan untuk pengelolaan Pelayanan Kekaryawan seperti Perekrutan & Penggajian . Sedangkan HRD biasanya ditambah dengan proses Pelatihan/Training & Pengembangan karyawan makanya disebut Human Resource & Development. Just shared ---tHa--- 25092015

Tidak ada komentar: